Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Selasa , 04 Jan 2022 12:22:17

Penyebab Lidah Kuning Plus Cara Jitu Mengatasinya

Warna lidah yang normal adalah merah muda dengan sedikit lapisan putih terang di atasnya. Bila warna lidah kuning, ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari yang bersifat sementara dan tidak berbahaya hingga yang lebih gawat dan membutuhkan pengobatan medis. Penasaran dengan apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Simak ulasan lengkapnya berkut ini.

Apa saja penyebab warna lidah kuning?

Menguningnya lidah jangan Anda sepelekan. Meski penyebabnya kadang terkait dengan kebiasaan sehari-hari, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat warna indera pengecap Anda menjadi kuning.

1. Kebersihan gigi yang buruk

Penyebab paling umum dari lidah kuning adalah penumpukan sel kulit mati dan bakteri di sela-sela bintil lidah (papila). Ini bukanlah suatu tanda penyakit serius, melainkan lebih disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk.

Biasanya terjadi karena Anda malas menggosok gigi, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Diperburuk dengan kurangnya kesadaran untuk banyak minum air putih.

2. Merokok

Kebiasaan merokok memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya paru-paru, ada banyak organ tubuh yang akan memburuk kondisinya karena rokok.

Bahan kimia dalam asap tembakau rokok bisa membuat lidah Anda berubah warna kuning. Selain itu, gigi menguning juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk ini. Semakin Anda sering merokok, kondisi mulut Anda akan jadi semakin memburuk.

3. Obat kumur yang mengandung zat pengoksidasi

Obat kumur dijadikan tambahan untuk menjaga kebersihan mulut. Akan tetapi, memilih obat kumur juga tidak boleh asal. Pilihan obat kumur yang mengandung zat tertentu bisa menguningkan lidah Anda.

Contohnya adalah obat kumur yang mengandung peroksida, witch hazel, atau menthol bisa mengubah warna lidah Anda.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa antibiotik dapat menyebabkan lidah kuning akibat ketidakseimbangan mikroba yang menyebabkan bakteri atau ragi berkembang biak dalam mulut. Bila ini terjadi, ragi atau bakteri bisa menumpuk di lidah dan menyebabkan lidah menguning.

Pepto-Bismol dan obat-obatan yang mengandung bismut lainnya juga dapat mengubah warna lidah Anda. Obat-obatan tertentu seperti obat untuk sindrom Sjogren dan diabetes, serta terapi radiasi dan kemoterapi dapat membuat mulut kering. Mulut kering adalah salah satu faktor risiko dari lidah kuning.

5. Sindrom lidah hitam berbulu

Lidah berbulu hitam adalah gangguan mulut sementara dan tidak menimbulkan rasa sakit. Kondisi yang tidak berbahaya ini terjadi saat bintil lidah (papila) yang melapisi ujung dan kedua sisi lidah Anda tumbuh membesar.

Ukuran papilla yang lebih panjang dari biasanya dapat dengan mudah menjebak sel-sel kulit mati dan bakteri mulut, yang kemudian jadi ikut bercampur dengan residu tembakau, sisa makanan, atau zat lainnya.

Meski namanya lidah hitam, lidah Anda bisa berubah warna kuning atau lainnya dulu sebelum berubah menjadi hitam.

6. Lidah geografis

Lidah geografis adalah suatu kondisi kelainan struktur lidah yang membuat permukaan lidah tidak tertutupi merata oleh papila.

Akibatnya, permukaan lidah tampak seperti area “kebotakan” merah yang acak dan tidak teratur.

Biasanya ada garis putih bergelombang di samping tambalan merah tersebut, tapi juga bisa kuning. Kadangkala, kondisi ini menyebabkan rasa sakit.

7. Sakit kuning

Sakit kuning (jaundice) adalah suatu kondisi di mana warna kulit dan bagian putih mata Anda berubah menguning. Sakit kuning disebabkan oleh kerusakan hati sehingga tidak bisa mengolah zat sisa bilirubin dengan benar.

Bilirubin adalah pigmen kuning yang diproduksi saat sel darah merah rusak. Ketika bilirubin menumpuk di dalam darah, kulit, putih mata, dan lidah Anda bisa menjadi kuning.

Bagaimana cara mengatasi lidah kuning?

Ada banyak cara bagi Anda untuk terbebas dari masalah mulut ini. Namun, Anda perlu tahu penyebab apa yang mendasarinya lebih dahulu. Baru kemudian memutuskan cara tepat untuk menanganinya.

Lebih jelasnya, Anda bisa ikuti beberapa langkah untuk mengatasi lidah yang menguning.

  • Menjaga kebersihan mulut┬ádengan rajin menyikat gigi, sekaligus menyikat lidah Anda.
  • Perbanyak minum air putih untuk membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di lidah.
  • Berhenti merokok┬ásecara perlahan, bukan secara mendadak untuk menghindari gejala penarikan nikotin yang mengganggu.
  • Pilih obat kumur yang tidak mengandung zat pengoksidasi. Anda bisa tanyakan ke dokter gigi untuk mendapatkan┬ápilihan obat kumur yang tepat.
  • Menghentikan penggunaan obat tertentu, dan menggantinya dengan obat lain yang minim efek samping. Akan tetapi, penghentian penggunaan obat perlu izin dari dokter yang menangani kondisi Anda.
  • Periksa ke dokter jika menguningnya lidah merupakan tanda dari penyakit. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk meredakan gejala lain yang menyertai, atau merekomendasikan pengobatan medis lainnya.
  • sumber : https://hellosehat.com/gigi-mulut/gusi-mulut/lidah-kuning/


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved