Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Kamis , 09 Sep 2021 15:22:11

Cara Menggunakan Bawang Putih sebagai Obat Sakit Gigi

Sakit gigi tentu sangat menyiksa. Ada banyak obat alami yang berkhasiat dan bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, salah satunya bawang putih. Mengapa bawang jenis ini bisa menjadi obat sakit gigi? Bagaimana caranya?

Alasan bawang putih bisa menjadi obat sakit gigi

Penyebab sakit gigi bisa bisa beragam, antara lain kerusakan pada gigi, gigi berlubang, gusi yang terinfeksi, akibat sering menggeretakkan gigi, atau membersihkan gigi terlalu agresif.

Dilansir WebMd, gejala yang dirasakan saat sakit gigi, yaitu nyeri pada gigi yang berdenyut dan konstan. Bahkan,gejala lainnya pun bisa muncul karena sakit gigi, seperti pembengkakan di sekitar gigi, demam, atau sakit kepala.

Umumnya saat sakit gigi, orang akan langsung mendatangi dokter gigi karena tidak tahan dengan rasa nyeri atau gejala lain yang ditimbulkan. Namun, sebelum pergi ke dokter, Anda bisa menggunakan obat-obatan alami yang mudah ditemukan di rumah, seperti bawang putih. Bawang jenis ini putih telah digunakan sebagai bahan untuk obat selama bertahun-tahun.

Di dalam bawang putih, terdapat senyawa allicin yang berfungsi sebagai antibakteri dan antimikroba. Dengan senyawa tersebut, bawang putih dapat membunuh kuman di dalam gigi yang menyebabkan munculnya rasa sakit. Bakteri ini pulalah yang bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Kandungan allicin tidak ditemukan dalam bawang putih utuh. Anda perlu memotong, mengiris, menghancurkan, atau mengunyah bawang putih untuk mendapatkan manfaat allicin sebagai obat sakit gigi.

Senyawa allicin pun hanya muncul dalam waktu singkat. Jadi bawang putih yang Anda hancurkan harus segera digunakan untuk gigi Anda. Jangan disimpan untuk waktu lainnya karena ini hanya akan sia-sia.

Cara membuat obat sakit gigi dari bawang putih

Untuk mengobati sakit gigi dengan bawang putih, Anda bisa langsung mengunyahnya mentah-mentah. Namun, beberapa orang tidak menyukai bawang putih mentah karena aroma dan rasanya yang terlalu tajam.

Oleh karena itu, ada cara tertentu yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan bawang putih guna mengobati sakit gigi. Berikut ini bahan-bahan yang perlu Anda siapkan serta cara membuat obat sakit gigi dari bawang putih.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • Minyak zaitun secukupnya

Cara membuat:

  1. Ambil dua siung bawang putih dan kupas kulitnya serta bersihkan.
  2. Setelah dibersihkan, buatlah pasta bawang putih dengan menghaluskan dua siung bawang putih bersama 1 sendok teh garam menggunakan alat untuk mengulek atau mortar dan alu.
  3. Bila pasta bawang putih terlalu kering, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam campuran. Aduk pasta dan minyak tersebut secara merata.
  4. Pasta bawang putih siap digunakan untuk obat.

Cara penggunaan

Untuk mengobati sakit gigi, ambil sedikit pasta bawang putih tersebut menggunakan jari dan tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan pasta tersebut menempel di gigi yang sakit selama 30 menit.

Namun, perlu diingat, jangan terlalu menekan pasta tersebut, terutama jika gigi Anda renggang. Hal ini justru bisa menyebabkan pasta bawang putih menjadi terselip di antara gigi dan bisa menyebabkan gigi lebih sakit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini secara berkelanjutan. Paling tidak, gunakan pasta bawang putih tersebut dalam empat kali sehari. Adapun untuk mengetahui penyebab sakit gigi lebih lanjut dan penanganan yang lebih tepat, kunjungi dan diskusikan dengan dokter gigi Anda.

Sementara itu, bila Anda memiliki alergi terhadap bawang putih, sebaiknya hindari penggunaannya sebagai obat termasuk obat sakit gigi.

sumber : https://hellosehat.com/gigi-mulut/bawang-putih-obat-sakit-gigi/


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved