Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Jumat , 22 Jan 2021 11:43:15

Pernah Sakit Gigi? Mungkin Ini Penyebab Sakit Gigi Anda

Sakit gigi adalah salah satu penyakit umum yang sering dialami oleh masyarakat di seluruh dunia. Kebiasaan hidup yang tidak menyadari pentingnya kebersihan gigi dapat menjadi penyebab sakit gigi atau masalah mulut lainnya.

Penyebab Sakit Gigi

Pada dasarnya, sakit gigi adalah rasa sakit di dalam atau di sekitar gigi. Berikut adalah beberapa hal yang umumnya menjadi penyebab sakit gigi:
  • Gigi berlubang

    Gigi berlubang disebabkan oleh kerusakan pada gigi akibat makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti, nasi, sereal, susu, soda, buah-buahan, kue, atau permen menetap pada gigi Anda. Bakteri dalam mulut mengubah sisa makanan tersebut menjadi asam. Kombinasi bakteri, asam, sisa makanan, dan air liur membentuk plak, yang menempel pada gigi. Asam di plak tersebut larut dalam enamel sehingga membuat gigi berlubang.
  • Abses gigi

    Abses gigi merupakan kantung berisi nanah yang terbentuk di akar pada gigi yang mengalami infeksi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh gigi berlubang atau kerusakan gigi, penyakit gusi, atau gigi retak. Jika tidak segera ditangani, infeksi ini dapat membunuh saraf dan menyebabkan abses gigi sehingga sakit gigi bisa terjadi.
  • Fraktur gigi

    Fraktur gigi merupakan kondisi gigi retak atau patah. Kondisi ini dapat menimbulkan sakit gigi dan pembengkakan, tergantung pada tipe fraktur yang dialami. Jenis fraktur gigi, antara lain retakan berupa garis halus, patah di mahkota gigi, gigi retak seluruhnya, gigi patah menjadi dua, dan fraktur gigi vertikal.
  • Tambalan gigi rusak

    Tambalan gigi digunakan untuk mengganti struktur gigi yang rusak. Tambalan ini akan membantu gigi kembali berfungsi dengan normal selama beberapa tahun. Namun, tambalan gigi sewaktu-waktu dapat rusak dan kondisi ini tidak dapat dihindari. Jika tambalan gigi yang rusak tidak diperbaiki, bakteri dapat masuk pada sela-sela gigi yang sebelumnya diisi oleh tambalan sehingga menyebabkan sakit gigi.
  • Gerakan berulang, seperti gigi menggemeretak

    Bruxism atau gigi menggemeretak yang dibiarkan begitu saja tanpa menerima pengobatan akan merusak gigi dan menimbulkan komplikasi kesehatan mulut lainnya. Gesekan gigi secara rutin akan menimbulkan masalah-masalah seperti sakit gigi, gigi retak, sensitif, hingga patah.
  • Infeksi gusi

    Bakteri dari plak gigi yang menggunung menyebabkan gusi menjadi meradang dan mudah berdarah saat menyikat gigi. Kondisi ini menyebabkan infeksi gusi. Jika tidak segera ditangani, infeksi gusi dapat menyebabkan saki gigi dan gigi mengendur dari gusi.

Gejala Sakit Gigi

Sementara itu, gejala-gejala sakit gigi yang paling umum, antara lain:
  • Nyeri gigi yang tajam, berdenyut, atau konstan. Pada beberapa orang, rasa sakit hanya timbul ketika ada tekanan pada gigi.
  • Pembengkakan di sekitar gigi
  • Demam atau sakit kepala
  • Infeksi pada gigi
Anda dapat mengunjungi dokter gigi apabila mengalami gejala-gejala di bawah ini:
  • Anda menderita sakit gigi yang berlangsung lebih dari 1 atau 2 hari
  • Sakit gigi parah, seperti sulit membuka mulut sehingga tidak bisa mendapat asupan makanan
  • Anda mengalami demam, sakit telinga, atau sakit saat membuka mulut lebar-lebar

Perawatan Sakit Gigi

Untuk mengobati sakit gigi, dokter gigi akan terlebih dahulu menanyakan riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik.Dokter mungkin akan bertanya seputar rasa sakitnya dan meminta Anda menjelaskan detail seputar sakit gigi yang dialami. Dokter juga perlu memeriksa bagian mulut, gigi, gusi, rahang, lidah, tenggorokan, sinus, telinga, hidung, dan leher Anda.Perawatan penyakit ini tergantung kepada penyebab sakit gigi Anda. Jika terdapat gigi berlubang yang menyebabkan sakit gigi, dokter gigi akan melakukan penambalan gigi tersebut atau mungkin mencabut gigi jika perlu.Sedangkan, untuk penyebab sakit gigi karena infeksi saraf gigi, pembengkakan gusi, saluran akar, dan sebagainya, dokter kemungkinan akan memberikan resep antibiotik.

sumber : https://www.sehatq.com/artikel/penyebab-sakit-gigi-anda


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved